Inilah Cara Mengamankan File dan Aplikasi dengan Fingerprint

Cara Mengamankan File dan Aplikasi dengan Fingerprint – Sekarang ini sensor fingerprint atau yang sering di sebut dengan sensor pemindai sidikjari sudah tidak lagi hanya di miliki pada smartphone kelas premium. Pada ponsel kelas menengah ke bawah pun saat ini sudah dibekali dengan sensor tersebut. Sensor pemindai sidik jari sendiri yaitu merupakan fitur pengaman data ponsel berbasiskan sidik jari penguna. Selain memiliki kemanan yang tinggi dari pada PIN, password maupun Pattern, kelebihan dari sensor sidik jari tersebut nyatanya tidak cuma untuk membuka lockscreen saja.

Belakangan ini, sensor fingerprint telah dibekali juga dengan beragam fungsi tambahan seperti untuk mengganti tombol shutter kamera, membuka galeri foto sampai dengan pembayaran digital. Fungsi dari tambahan lain yang tidak kalah menariknya yaitu ialah untuk mengamankan file atau aplikasi penting pada smartphone.

Cara Mengamankan File dan Aplikasi dengan Fingerprint

Bahkan di beberapa smartphone malah bisa mengatur sidik jari mana yang mampu digunakan untuk mengankan data penting di smartphone. Sebagai informasi, rata – rata fitur yang sensor sidik jari di smartphone masakini mampu menambahkan hingga lima sidik jari yang berbeda. Masing – masing sidik jari tersebut bisa di custom untuk keperluan yang berbeda oleh penggunanya.

Nah.. bagi anda yang mempunyai smartphone dengan fitur fingerprint, ada baiknya untuk memanfaatkan fitur tersebut sebagai alat untuk mengamankan aplikasi atau data penting milik anda, agar aplikasi atau data – data tetap aman dari orang lain yang ingin berbuat jail terhadap smartphone anda.

Cara untuk mengamankan data dan aplikasi dengan menggunakan fingerprint kami coba pada smartphone Nubia M2 Lite yang basru saja resmi diluncurkan untuk pasar tanah air.


Mengamankan File dan Aplikasi dengan Fingerprint


  • Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu masuk ke menu “settings” Setelah itu geser ke bawah dan cari opsi “Fingerprint Identification”. Lebih jelasnya bisa lihat gambar di bawah ini.

Cara Mengamankan File dan Aplikasi dengan Fingerprint

  • Langkah ke dua yaitu Tap “Add fingerprint” untuk mulai mendaftarkan sidik jari kamu.
  • Langkah selanjutnya, anda akan diminta untuk mengatur kode lockscreen untuk alternatif jika sensor fingerprint tidak terdeteksi dengan baik. Lebi jelasnya lihat gambar di bawah ini.

Cara Mengamankan File dan Aplikasi dengan Fingerprint

  • Pada langkah ini , anda juga bisa memilih opsi yang anda butuhkan. Salah satu contoh “Pattern unlock”. Di smartphone ini, anda juga bisa meng-enkripsi lockscreen setiap kali smartphone di hidupkan harus menggunakan kode khusus ini. Tapi jika anda tidak memerlukan enkripsi,pilih saja “No.thanks dan tap “Continue”. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.

Cara Mengamankan File dan Aplikasi dengan Fingerprint

  • Langkah berikutnya, daftarkan kode pattern sesuai dengan keinginan anda. lalu lakukan sekali lagi untuk mengkonformasi ulang dan tap “OK”.
  • Tahapan selanjutnya yaitu daftarkan sidik jari anda. Ikuti notifikasi yang muncul di layar untuk proses pendaftaran sidik jari.
  • Jika sudah selesai, tap “Done” untuk menyimpan data sidik jari anda. Seain itu anda juga bisa menamakan tiap data sidik jari sesuai kebutuhan anda.
  • Nah, jika sudah selesai, mari kita lanjut ke langkah berikutnya yaitu memproteksi aplikasi dan data. Tap opsi “App lock”.

Cara Mengamankan File dan Aplikasi dengan Fingerprint

  • Setelah itu geser toggle bar untuk mengaktifkan kemanan tersebut, dan input kode pattern yang sudah anda buat sebelumnya. Selanjutnya anda akan menjumpai daftar file maupun aplikasi yang tentunya anda bisa amankan dengan menggunakan sensor fingerprint.
  • Anda bisa memilik dan mengaktifkan file atau aplikasi yag anda inginkan dengan menggeser toggle bar hingg berwarna hijau. Lebih jekasnya bisa lihat gambar di bawah ini.

Cara Mengamankan File dan Aplikasi dengan Fingerprint

  • Selanjutnya tap tombol back untuk keluar dan file atau aplikasi tersebut pun secara otomatis sudah aman terkendali. Nah, untuk mengaksesnya anda harus menggunakan sidik jari atau bisa juga dengan menggunakan kode pattern yang sudah anda buat.

Cara Mengamankan File dan Aplikasi dengan Fingerprint

Cukup mudah kan, cara untuk mengamankan aplikasi dan file dengan menggunakan sensor fingerprint. Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan untuk anda mengenai informasi diatas. Semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat untuk anda. Ikuti terus informasi terupdate lainnya di Trikdroid.com.

Inilah Cara Mengamankan File dan Aplikasi dengan Fingerprint | yudi | 5
error: Content is protected !!